ads

Yuk dicoba.. Sangat mudah lho bunda bikin masakan ayam taliwang khas lombok, lezat dan bikin nambah terus..

ADSENSE Link Ads 200 x 90
resep ayam taliwang khas lombok

Indonesia memiliki banyak sekali kuliner khas yang ada setiap daerahnya, kali ini bunda akan memberikan resep makanan khas dari Lombok yang menggunakan bahan dasar ayam yaitu resep ayam taliwang. Mungkin banyak dari kalian yang asing dan tidak tahu makanan ini maka dari itu bunda akan menjelaskan sedikit apa itu ayam taliwang. Ayam Taliwang adalah makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar ayam yang disajikan bersama bumbu-bumbunya yaitu berupa cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur, gula Jawa, dan garam. Banyak sekali orang yang suka dengan makanan ini karena rasanya yang khas dan enak.
Mungkin langsung saja untuk kalian yang ingin mencoba membuat ayam bakar taliwang di rumah bunda akan memberikan resepnya. Simak dengan baik dan lakukan langkah-langkahnya dengan benar supaya hasil yang nantinya akan kalian dapat bisa maksimal dan menggoyang lidah kalian.
Resep Ayam Taliwang:
Bahan:
  • 1 ekor ayam kampung ukuran sedang
  • ½ sdt garam
  • 1.000 ml minyak goreng
  • 150 ml santan kental
  • Bambu atau tusukan besi
Bumbu, haluskan:
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 3 buah cabai mate
  • 5 buah cabai rawit
  • ½ sdt terasi
  • ½ sdt garam
Cara membuat:
  1. Belah bagian dada ayam dan keluarkan sisi perutnya, cuci bersih di bawah air mengalir. Lumuri seluruh bagian ayam dengan garam.
  2. Siapkan bumbu atau tusukan besi, tusuk bagian paha ayam hingga ke sayap. Panaskan minyak di penggorengan datar, goreng ayamm hingga setengah matang, angkat dan tiriskan.
  3. Panggang ayam tanpa bumbu sambil sesekali dibalik. Angkat dan sisihkan.
  4. Panaskan 5 sdm minyak untuk menggoreng ayam, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan santan, teruskan memasak hingga santan mendidih dan matang. Angkat.
  5. Pukul ayam hingga memar, tetapi jangan sampai hancur. Oles permukaan ayam dengan bumbu santan yang telah dimasak hingga rata.
  6. Panggang ayam kembali hingga bumbu meresap sambil sesekali dibalik dan diolesi bumbu. Angkat.

Resep Ayam Taliwang

Ayam bakar taliwang gurih dan enak yang sudah kalian buat sudah bisa dinikmati bersama keluarga di rumah. Bagaimana? Mungkin memang tidak begitu mudah untuk membuat ayam bakar taliwang, tapi jika kalian memang berniat membuatnya dan mengikuti langkah-langkah yang bunda berikan dengan benar, bunda yakin kalian akan bisa membuatnya dengan mudah. Mungkin cuma itu yang bisa bunda berikan di kesempatan kali ini tentang resep ayam taliwang. Semoga kalian yang sedang kebingungan bagaimana cara membuat ayam bakar taliwang bisa terbantu setelah membaca resep yang bunda berikan di atas. Jangan lupa baca juga resep-resep yang sudah bunda berikan sebelumnya karena masih banyak resep masakan khas dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. bunda sarankan kalian juga baca RESEP AYAM BETUTU BALI karena ayam taliwang sangat pas jika di sajikan dengan plecing kangkung. Terima kasih kalian sudah datang dan juga membaca resep-resep yang sudah bunda berikan di anekaresep17.blogspot.com semoga bisa membantu kalian yang ingin belajar menyajikan masakan di rumah.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Yuk dicoba.. Sangat mudah lho bunda bikin masakan ayam taliwang khas lombok, lezat dan bikin nambah terus.."

Post a Comment